SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN TUGAS BULAN PERTAMA PART 1/4
NAMA : ERICHA CANDRA WAHYUNI
NPM : 12213922
KELAS : 3EA33
TUGAS : SOFTSKILL “PERILAKU KONSUMEN“ BULAN
KE 1 MINGGU KE 1
Definisi Perilaku Konsumen
- Kotler dan Keller (2008) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai berikut:
- Dharmmesta dan Handoko (2000) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai berikut:
- Schiffman dan Kanuk (2008) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai berikut:
Definisi Produsen
· Produsen adalah setiap
orang perorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan
badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam
wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama
melalui perjanjian
menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi.
Ruang
Lingkup Kegiatan Ekonomi
Ruang
lingkup ekonomi secara konseptual memiliki arti penting dari setiap kegiatan
bisnis yang memiliki nilai ekonomis mulai dari skala kecil sampai skala besar
dan memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya suatu perekonomian.
Ada
3 hal kegiatan dalam perekonomian:
1. Produksi
2. Konsumsi
3. Perdagangan
Masalah
Market Price
- Masalah yang di hadapi produsen dalam penetapan harga pasar ialah :
- Menetapkan harga yang sesuai , jika harga terlalu tinggi akan menyebabkan minat pembeli berkurang dan terjadi penumpukkan barang.
- Jika harga yang di tawarkan agar rendah, produsen pun akan mendapatkan keuntungan yang rendah, dan bisa mengakibatkan pesimisme karena kuntungan yang rendah tersebut. Persaingan Harga
Masalah
Pasar
Ada beberapa kelemahan dari Mekanisme
pasar :
· Kebebasan
yang tidak memiliki batas, dapat menindas golongan yang lemah.
· Kegiatan
dari ekonomi sangat tidak stabil keadaannya, mekanisme pasar yang bebas dapat
menyebabkan perekonomian akan mengalami kegiatan naik-turun yang tak teratur.
· Sistem
pasar dapat menyebabkan monopoli, tidak selalu mekanisme pasar itu merupakan
sistem pasar persaingan sempurna, yang dimana harga dan juga jumlah barang yang
diperjualbelikan ditentukan oleh permintaan pembeli dan penawaran penjual yang
banyak jumlahnya.
· Mekanisme
pasar tidak bisa menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.
· Kegiatan
dari pembei atau konsumen dan produsen mungkin dapat menimbulkan
“eksternalitas” yang merugikan, Disini yang dimaksud dengan “eksternalitas”
yaitu akibat sampingan (buruk atau baik) yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan
mengkonsumsi ataupun menproduksi.
Mekanisme
Pasar
Mekanisme pasar adalah
kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar
menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta).
Namun, mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga
berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran.
Komentar
Posting Komentar