SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK PADA PT AUTOCHEM INDUSTRY BERBASIS WEB
ESSAY SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK PADA
PT AUTOCHEM
INDUSTRY BERBASIS WEB
DISUSUN OLEH :
ERICHA CANDRA WAHYUNI
12213922
3 EA 33
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK PADA
PT
AUTOCHEM INDUSTRY BERBASIS WEB
PT Autochem Industry adalah perusahaan
yang bergerak di bidang manufaktur yang memasarkan dua jenis usaha inti yaitu
produk perawatan kendaraan (car care product) dan sebagai pabrikan untuk produk
acrylic lembaran (aast acrylic sheet). Saat ini, PT Autochem telah memiliki
lebih dari 500 konsumen yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.
Dalam persaingannya yang semakin ketat,
PT Autochem Industy memerlukan suatu strategi pemasaran alternative yang baik,
yang dapat menarik dan menjangkau lebih banyak konsumen serta dapat memuaskan
keinginan dan kebutuhan konsumen. Adapun strategi pemasaran yang diterapkan
sekarang ini dirasa masih belum optimal, karena pemasaran produk hanya
dilakukan lewat cerita dari mulut ke mulut dan brosur. Hal ini tentu
mengakibatkan konsumen atau calon konsumen belum mendapatkan informasi secara
optimal dan lengkap mengenai produk yang dipasarkan oleh PT Autochem Industry.
HASIL
DAN PEMBAHASAN
1. Diagram
Konteks
Diagram
konteks adalah lingkup suatu sistem, yaitu keterkaitan sistem dengan
lingkungan.
Lingkup
ini ditentukan dari besarnya pengaruh data yang diterima dan informasi yang
dihasilkan lingkungan ini diwakili oleh entitas-entitas luar, dimana
digambarkan tentang entitas yang memberikan sesuatu kepada atau dari system.
1. Diagram
Level 0
Diagram
Level 0 Diagram level 0 adalah diagram yang menunjukkan semua proses utama yang
menyusun keseluruhan system.
1. Entity
Relationship Diagram (ERD)
Diagram
ERD merupakan kumpulan entitas, Skema ini menggambarkan implementasi
teknis
dari sebuah model data.
HASIL
RANCANGAN
1. Halaman
Menu Utama Customer
Halaman menu utama
customer dari website PT Autochem Industry terdiri dari 8 menu utama.
diantaranya Home, GuestBook, Login, Product, Shop-Cart, MyProfile, Logout.
Masing-masing halaman mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Pada halaman home
berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai perusahaan PT Autochem Industry,
halaman GuestBook berfungsi untuk menampilkan data buku tamu sekaligus
pengisian data buku tamu., halaman Login merupakan halaman yang berfungsi
sebagai halaman login bagi customer yang sudah terdaftar, halaman Product
berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai produk yang dipasarkan oleh PT
Autochem Industry, halaman Shop-Cart berfungsi sebagai halaman yang menampilkan
daftar keranjang belanja yang telah dilakukan oleh customer, halaman Myprofile
berfungsi sebagai halaman yang menampilkan data customer itu sendiri. Untuk
lebih jelasnya, desain halaman menu utama customer dapat dilihat pada gambar di
bawah ini :
1. Halaman
Menu Utama Admin
Halaman menu utama admin dari website PT
Autochem Industry terdiri dari 8 menu utama diantaranya Home, Data Barang, Data
Customer, Transaksi, Buku Tamu, Logout. Masing-masing halaman mempunyai fungsi
yang berbeda-beda. Pada halaman Data Barang berfungsi untuk menampilkan
informasi mengenai data barang, halaman data Customer berfungsi untuk
menampilkan data customer, halaman buku tamu berfungsi untuk menampilkan
informasi mengenai data buku tamu, halaman Transaksi berfungsi untuk
menampilkan data transaksi yang terjadi di PT Autochem Industry. Untuk lebih
jelasnya, desain halaman menu utama customer dapat dilihat pada gambar di bawah
ini :
Implementasi Hasil
Desain Sistem
Implementasi database
adalah proses pembuatan database beserta tabel-tabel yang berfungsi untuk
menyimpan record-record informasi. Proses ini merupakan penerapan dari tahapan
perancangan database dengan menggunakan PhpMyAdmin yang dapat dilihat pada
tabel 1
Implementasi Interface
Implementasi interface
adalah proses implementasi interface database beserta formform yang berfungsi
untuk menampilkan informasi. Proses ini merupakan penerapan dari tahapan
perancangan database dapat dilihat pada tabel 2.
Pengujian
Pengujian adalah proses
hasil pengujian yang dilakukan dari implementasi interface dan implementasi
database.
Berdasarkan dari hasil
yang telah didapat penulis, maka ada beberapa hal yang
diperlukan untuk
pengoperasian sistem yang telah dibuat yaitu:
A. Rencana
Implementasi
Rencana implementasi
dilakukan atas dasar kegiatan yang telah direncanakan dalam implementasi
kegiatan ini dilakukan terhadap dari hasil identifikasi, analisis, desain dan
perancangan sistem yang dilakukan.
B. Pengenalan
Terhadap Sistem Yang Diusulkan
Pengenalan sistem yang
direncanakan tersebut dilakukan berupa dalam pelatihan terhadap karyawan/divisi
yang bersangkutan untuk menjalakan sistem pengoperasian serta melakukan
pemrosesan data/perawatan terhadapa sistem yang telah direncanakan dan dapat
berjalan dengan baik. Dimana pengenalan terhadap sistem ini dapat dilakukan
dengan cara pelatihan (training).
C. Proses
Instalasi
Proses pertama
dilakukan dengan persiapan perangkat komputer yang akan membantu dalam proses
pengerjaan sistem. Data akan tersimpan dalam komputer sehingga proses
pelaksanaan akan lebih mudah untuk diselesaikan.
D. Proses
Uji Coba
Sebelum sistem uji
cobab ini diterapkan maka, sistem ini harus terlebih dahulu terhindar dari
kesalahan, karena sistem yang dirancang harus dilakukan uji coba untuk
menemukan kesalahan yang mungkin akan terjadi.
E. Konversi
Terhadap Sistem yang Dirancang
Proses konversi sistem
yang dirancang yaitu suatu proses peralihan dalam penggunaan sistem yang lama
dengan sistem yang baru yang telah dirancang. Yang dimulai dari pengenalan
terhadap sistem yang dibangun sampai sistem yang akan diterapkan.
F. Proses
Perawatan dan Pemeliharaan
Proses perawatan dan
pemeliharaan merupakan kegiatan penting yang sangat diperlukan. kegiatan ini dilakukan
agar sistem yang telah dibangun dapat berjalansesuai dengan yang telah
direncanakan sebelumnya. Proses pemeliharaan juga dapt dilakukan terhadap
pengembangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan agar sistem tersebut dapat
digunakan secara berkala.
G. Evaluasi
Terhadap Sistem Yang Dihasilkan
Evaluasi yang dilakukan
bertujuan untuk melihat apakah sistem yang dihasilkan dapat berjalan dengan
baik. Kegiatan ini juga dapat memperhatikan kinerja sistem yang digunakan
sehingga dapat dijadikan dasar dalam memperbaiki kekurangan yang ada.
PENUTUP
Berdasarkan dari
penelitian yang telah dilakukan serta analisa dan pembahasan yang telah
diuraikan, ternyata dihasilkan beberapa simpulan mengenai penerapan sistem
pemasaran produk berbasis web pada PT Autochem Industry yaitu :
- Dengan menggunakan sistem pemasaran produk berbasis web, lingkup dan jangkauan pemasaran serta informasi tentang produk menjadi lebih luas dan cepat. Selama alamat website terpublikasi di internet, alamat tersebut bisa diakses oleh pengguna internet diseluruh dunia.
- Memberikan kemudahan kepada customer dalam melakukan pemesanan produk kapan dan dimana saja tanpa dibatasi jarak dan waktu.
REFERENSI
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/Jurnal_DevitaDicoKartini_SistemInformasiManajemenPemasaran.pdf
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id