SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK PADA PT AUTOCHEM INDUSTRY BERBASIS WEB

ESSAY SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK PADA
PT AUTOCHEM INDUSTRY BERBASIS WEB


DISUSUN OLEH :
ERICHA CANDRA WAHYUNI
12213922
3 EA 33








FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA

2015


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK PADA
PT AUTOCHEM INDUSTRY BERBASIS WEB


PT Autochem Industry adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memasarkan dua jenis usaha inti yaitu produk perawatan kendaraan (car care product) dan sebagai pabrikan untuk produk acrylic lembaran (aast acrylic sheet). Saat ini, PT Autochem telah memiliki lebih dari 500 konsumen yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.
Dalam persaingannya yang semakin ketat, PT Autochem Industy memerlukan suatu strategi pemasaran alternative yang baik, yang dapat menarik dan menjangkau lebih banyak konsumen serta dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. Adapun strategi pemasaran yang diterapkan sekarang ini dirasa masih belum optimal, karena pemasaran produk hanya dilakukan lewat cerita dari mulut ke mulut dan brosur. Hal ini tentu mengakibatkan konsumen atau calon konsumen belum mendapatkan informasi secara optimal dan lengkap mengenai produk yang dipasarkan oleh PT Autochem Industry.

HASIL DAN PEMBAHASAN 
1.      Diagram Konteks
Diagram konteks adalah lingkup suatu sistem, yaitu keterkaitan sistem dengan lingkungan.

Lingkup ini ditentukan dari besarnya pengaruh data yang diterima dan informasi yang dihasilkan lingkungan ini diwakili oleh entitas-entitas luar, dimana digambarkan tentang entitas yang memberikan sesuatu kepada atau dari system.

1.      Diagram Level 0

Diagram Level 0 Diagram level 0 adalah diagram yang menunjukkan semua proses utama yang menyusun keseluruhan system.

1.      Entity Relationship Diagram (ERD)
Diagram ERD merupakan kumpulan entitas, Skema ini menggambarkan implementasi
teknis dari sebuah model data.


HASIL RANCANGAN

1.      Halaman Menu Utama Customer
Halaman menu utama customer dari website PT Autochem Industry terdiri dari 8 menu utama. diantaranya Home, GuestBook, Login, Product, Shop-Cart, MyProfile, Logout. Masing-masing halaman mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Pada halaman home berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai perusahaan PT Autochem Industry, halaman GuestBook berfungsi untuk menampilkan data buku tamu sekaligus pengisian data buku tamu., halaman Login merupakan halaman yang berfungsi sebagai halaman login bagi customer yang sudah terdaftar, halaman Product berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai produk yang dipasarkan oleh PT Autochem Industry, halaman Shop-Cart berfungsi sebagai halaman yang menampilkan daftar keranjang belanja yang telah dilakukan oleh customer, halaman Myprofile berfungsi sebagai halaman yang menampilkan data customer itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, desain halaman menu utama customer dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


1.      Halaman Menu Utama Admin
 Halaman menu utama admin dari website PT Autochem Industry terdiri dari 8 menu utama diantaranya Home, Data Barang, Data Customer, Transaksi, Buku Tamu, Logout. Masing-masing halaman mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Pada halaman Data Barang berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai data barang, halaman data Customer berfungsi untuk menampilkan data customer, halaman buku tamu berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai data buku tamu, halaman Transaksi berfungsi untuk menampilkan data transaksi yang terjadi di PT Autochem Industry. Untuk lebih jelasnya, desain halaman menu utama customer dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Implementasi Hasil Desain Sistem
Implementasi database adalah proses pembuatan database beserta tabel-tabel yang berfungsi untuk menyimpan record-record informasi. Proses ini merupakan penerapan dari tahapan perancangan database dengan menggunakan PhpMyAdmin yang dapat dilihat pada tabel 1

Implementasi Interface
Implementasi interface adalah proses implementasi interface database beserta formform yang berfungsi untuk menampilkan informasi. Proses ini merupakan penerapan dari tahapan perancangan database dapat dilihat pada tabel 2.

Pengujian
Pengujian adalah proses hasil pengujian yang dilakukan dari implementasi interface dan implementasi database.

Berdasarkan dari hasil yang telah didapat penulis, maka ada beberapa hal yang
diperlukan untuk pengoperasian sistem yang telah dibuat yaitu:
A.    Rencana Implementasi
Rencana implementasi dilakukan atas dasar kegiatan yang telah direncanakan dalam implementasi kegiatan ini dilakukan terhadap dari hasil identifikasi, analisis, desain dan perancangan sistem yang dilakukan.


B.     Pengenalan Terhadap Sistem Yang Diusulkan
Pengenalan sistem yang direncanakan tersebut dilakukan berupa dalam pelatihan terhadap karyawan/divisi yang bersangkutan untuk menjalakan sistem pengoperasian serta melakukan pemrosesan data/perawatan terhadapa sistem yang telah direncanakan dan dapat berjalan dengan baik. Dimana pengenalan terhadap sistem ini dapat dilakukan dengan cara pelatihan (training).

C.     Proses Instalasi
Proses pertama dilakukan dengan persiapan perangkat komputer yang akan membantu dalam proses pengerjaan sistem. Data akan tersimpan dalam komputer sehingga proses pelaksanaan akan lebih mudah untuk diselesaikan.

D.    Proses Uji Coba
Sebelum sistem uji cobab ini diterapkan maka, sistem ini harus terlebih dahulu terhindar dari kesalahan, karena sistem yang dirancang harus dilakukan uji coba untuk menemukan kesalahan yang mungkin akan terjadi.

E.     Konversi Terhadap Sistem yang Dirancang
Proses konversi sistem yang dirancang yaitu suatu proses peralihan dalam penggunaan sistem yang lama dengan sistem yang baru yang telah dirancang. Yang dimulai dari pengenalan terhadap sistem yang dibangun sampai sistem yang akan diterapkan.

F.      Proses Perawatan dan Pemeliharaan
Proses perawatan dan pemeliharaan merupakan kegiatan penting yang sangat diperlukan. kegiatan ini dilakukan agar sistem yang telah dibangun dapat berjalansesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Proses pemeliharaan juga dapt dilakukan terhadap pengembangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan agar sistem tersebut dapat digunakan secara berkala.

G.    Evaluasi Terhadap Sistem Yang Dihasilkan
Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk melihat apakah sistem yang dihasilkan dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini juga dapat memperhatikan kinerja sistem yang digunakan sehingga dapat dijadikan dasar dalam memperbaiki kekurangan yang ada.

PENUTUP

Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan serta analisa dan pembahasan yang telah diuraikan, ternyata dihasilkan beberapa simpulan mengenai penerapan sistem pemasaran produk berbasis web pada PT Autochem Industry yaitu :
  1. Dengan menggunakan sistem pemasaran produk berbasis web, lingkup dan jangkauan pemasaran serta informasi tentang produk menjadi lebih luas dan cepat. Selama alamat website terpublikasi di internet, alamat tersebut bisa diakses oleh pengguna internet diseluruh dunia.
  2. Memberikan kemudahan kepada customer dalam melakukan pemesanan produk kapan dan dimana saja tanpa dibatasi jarak dan waktu.


     REFERENSI 

http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/Jurnal_DevitaDicoKartini_SistemInformasiManajemenPemasaran.pdf









Komentar

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBD MAKALAH KOTA TUA JAKARTA

ZIGAZ - Cinta Itu Indah

RAEF - HOME