Hubungan Karakteristik Pembeli dengan Hubungan Keberhasilan Pemasaran


Nama   : Ericha Candra Wahyuni
Npm    : 12213922
Kelas   : 3EA33
Tugas   : Hubungan Karakteristik Pembeli dengan Hubungan Keberhasilan Pemasaran

Karakteristik pembeli sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran, dimana pembeli memiliki perilaku yang berbeda – beda, dimana yang mempengaruhi pembeli itupun dapat melalui pengaruh psikologi seperti Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan sikap. Pengaruh pribadi meliputi Situasi ekonomi, gaya hidup dan kepribadian, selanjutnya ada pengaruh social yang terdiri dari grup, keluarga, peran dan status dan yang terakhir pengaruh budaya yaitu subcultural, kelas sosial.

Dimana pembeli atau konsumen pun memerlukan informasi terkait barang yang diinginkan, dan informasi tersebut dapat tercapai melalui proses pemasaran yang tepat. Pemasaran yang tepat pun tak lepas dari keberhasilan produsen dalam memahami informasi apa yang di perlukan konsumen atau pembeli.

Pengenalan masalah merupakan proses pembelian yang di mulai apabila konsumen menyadari suatu masalah atau kebutuhan, kesadaran akan kebutuhan juga sering terjadi saat konsumen memiliki peluang untuk mengubah kebiasaan pembeliannya.

Adapun tahap – tahap dalam proses pembelian :

·        Pencarian informasi: apabila telah menyadari kebutuhan mereka, konsumen sering mencari informasi atau referensi dari sumber-sumber pribadi, pemasaran, masyarakat umum, dan pengalaman. Sebagai contoh: jika Anda pindah ke kota baru, Anda ingin mencari restoran, swalayan dan sebagainya di daerah Anda. Untuk mendapat informasi tersebut, Anda dapat menayakan kepada sumber-sumber pribadi seperti kenalan, rekan kerja, saudara.

·      Evaluasi alternative ada apabila Anda berada di pasar untuk membeli suatu produk timbullah beberapa pertanyaan dalam benak Anda tentang produk yang ingin Anda beli. Dari informasi yang telah Anda kumpulkan Anda akan mempertimbangkan pilihan Anda dan memutuskan produk mana yang paling memenuhi kebutuhan Anda.
Keputusan pembelian: proses yang di ambil oleh konsumen dalam membuat keputusan membeli. Keputusan membeli didasarkan atas 2 motif yaitu rasional dan emosional. Motif rasional adalah alasan konsumen dalam membeli suatu produk yang didasarkan pada evaluasi yang logis dari atribut-atribut produk: biaya, kualitas, dan kegunaan. Motif emosional adalah alasan konsumen membeli suatu produk yang didasarkan pada faktor-faktor yang non objektif.

·       Evaluasi pasca pembelian: pemasaran mencakup proses konsumsi. Jadi, apa terjadi setelah penjualan juga menjadi penting, tenaga pemasaran ingin konsumennya puas setelah mengkonsumsi produknya. Tidak semua konsumen puas terhadap pembeliannya. Konsumen yang tidak puas pasti tidak akan lagi membeli produk yang sama. Selain itu konsumen yang tidak puas lebih cenderung mengumbar pengalaman yang buruk kepada konsumen yang lain. Sehingga para tenaga ahli perlu melakukan evaluasi terhadap yang telah terjual. Faktor-faktor pemasaran yang mempengaruhi pembelian konsumen adalah produk, penetapan harga, distribusi, dan promosi.

Dan semua tahap – tahap tersebut dapat terjadi apabila pemasaran memberikan informasi, seperti melalui iklan baik di televisi, radio. Surat kabar dll.

Refferensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBD MAKALAH KOTA TUA JAKARTA

ZIGAZ - Cinta Itu Indah

RAEF - HOME