Hubungan Karakteristik Pembeli dengan Hubungan Keberhasilan Pemasaran
Nama : Ericha Candra Wahyuni
Npm : 12213922
Kelas : 3EA33
Tugas : Hubungan Karakteristik Pembeli dengan
Hubungan Keberhasilan Pemasaran
Karakteristik
pembeli sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran, dimana pembeli
memiliki perilaku yang berbeda – beda, dimana yang mempengaruhi pembeli itupun
dapat melalui pengaruh psikologi seperti Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan
sikap. Pengaruh pribadi meliputi Situasi ekonomi, gaya hidup dan kepribadian,
selanjutnya ada pengaruh social yang terdiri dari grup, keluarga, peran dan
status dan yang terakhir pengaruh budaya yaitu subcultural, kelas sosial.
Dimana
pembeli atau konsumen pun memerlukan informasi terkait barang yang diinginkan,
dan informasi tersebut dapat tercapai melalui proses pemasaran yang tepat.
Pemasaran yang tepat pun tak lepas dari keberhasilan produsen dalam memahami
informasi apa yang di perlukan konsumen atau pembeli.
Pengenalan
masalah merupakan proses pembelian yang di mulai apabila konsumen menyadari
suatu masalah atau kebutuhan, kesadaran akan kebutuhan juga sering terjadi saat
konsumen memiliki peluang untuk mengubah kebiasaan pembeliannya.
Adapun
tahap – tahap dalam proses pembelian :
· Pencarian informasi: apabila telah
menyadari kebutuhan mereka, konsumen sering mencari informasi atau referensi
dari sumber-sumber pribadi, pemasaran, masyarakat umum, dan pengalaman. Sebagai
contoh: jika Anda pindah ke kota baru, Anda ingin mencari restoran, swalayan
dan sebagainya di daerah Anda. Untuk mendapat informasi tersebut, Anda dapat
menayakan kepada sumber-sumber pribadi seperti kenalan, rekan kerja, saudara.
· Evaluasi alternative ada apabila Anda
berada di pasar untuk membeli suatu produk timbullah beberapa pertanyaan dalam
benak Anda tentang produk yang ingin Anda beli. Dari informasi yang telah Anda
kumpulkan Anda akan mempertimbangkan pilihan Anda dan memutuskan produk mana
yang paling memenuhi kebutuhan Anda.
Keputusan pembelian:
proses yang di ambil oleh konsumen dalam membuat keputusan membeli. Keputusan
membeli didasarkan atas 2 motif yaitu rasional dan emosional. Motif rasional
adalah alasan konsumen dalam membeli suatu produk yang didasarkan pada evaluasi
yang logis dari atribut-atribut produk: biaya, kualitas, dan kegunaan. Motif
emosional adalah alasan konsumen membeli suatu produk yang didasarkan pada
faktor-faktor yang non objektif.
· Evaluasi pasca pembelian: pemasaran
mencakup proses konsumsi. Jadi, apa terjadi setelah penjualan juga menjadi
penting, tenaga pemasaran ingin konsumennya puas setelah mengkonsumsi
produknya. Tidak semua konsumen puas terhadap pembeliannya. Konsumen yang tidak
puas pasti tidak akan lagi membeli produk yang sama. Selain itu konsumen yang
tidak puas lebih cenderung mengumbar pengalaman yang buruk kepada konsumen yang
lain. Sehingga para tenaga ahli perlu melakukan evaluasi terhadap yang telah
terjual. Faktor-faktor pemasaran yang mempengaruhi pembelian konsumen adalah
produk, penetapan harga, distribusi, dan promosi.
Dan
semua tahap – tahap tersebut dapat terjadi apabila pemasaran memberikan
informasi, seperti melalui iklan baik di televisi, radio. Surat kabar dll.
Refferensi
:
Komentar
Posting Komentar