Menjabarkan Faktor Psikolog dengan Hubungan Strategi Suatu Pemasaran
Nama : Ericha Candra Wahyuni
Npm : 12213922
Kelas : 3EA33
Tugas : Menjabarkan Faktor Psikolog dengan Hubungan
Strategi Suatu Pemasaran.
Pilihan
pembelian seseorang dipengaruhi oleh empat factor psikologis utama, yaitu:
a. Motivasi
— Seseorang memiliki banyak kebutuhan pada waktu tertentu. Beberapa kebutuhan
bersifat biogenis; kebutuhan tersebut muncul dari tekanan biologis seperti
lapar, haus, tidak nyaman. Kebutuhan yang lain bersifat psikogenis; kebutuhan
itu muncul dari tekanan psikologis seperti kebutuhan akan pengakuan,
penghargaan, atau rasa keanggotaan kelompok. Kebutuhan akan menjadi motif jika
ia didorong hingga mencapai level intensitas yang memadai. Motif adalah
kebutuhan yang memadai untuk mendorong seseorang bertindak.
b. Persepsi
— Persepsi adalah proses yang digunakan individu untuk memilih, mengorganisasi,
dan menginterpretasikan masukan informasi guna menciptakan gambaran dunia yang
memiliki arti. Seseorang mungkin menganggap wiraniaga yang berbicara dengan
cepat sebagai orang yang agresif dan tidak tulus, yang lain mungkin menganggap
orang yang sama sebagai orang yang pintar dan suka membantu.
c. Pembelajaran
— Pembelajaran meliputi perubahan perilaku seseorang yang timbul dari
pengalaman. Sebagian besar perilaku manusia adalah hasil dari belajar. Ahli
teori pembelajaran yakin bahwa pembelajran dihasilkan melalui perpaduan kerja
antara pendorong, rangsangan, isyarat bertindak, tanggapan dan penguatan.
d. Keyakinan
dan Sikap — Keyakinan (belief) adalah gambaran pemikiran yang dianut seseorang
tentang gambaran sesuatu. Keyakinan orang tentang produk atau merek
mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Para pemasar sangat tertarik pada
keyakinan yang ada di dalam pikiran orang tentang produk dan merek mereka.
Keyakinan merek ada dalam memori konsumen.
Ketika
produsen sudah memahami dari setiap sub. Faktor psikologi, maka stategi
pemasaran yang sudah di rancancang akan tepat sasaran.
Komentar
Posting Komentar