Peran 7P dalam Suatu Usaha - Desember Minggu ke 3-4
Nama
Anggota :
1. Aulia
Lastriarsi
2. Ericha
Candra Wahyuni
3. Lailatul
Fitria
4. Sri
Windarti
Kelas : 3EA33
Tugas : Peran 7 P dalam Suatu Usaha
Peran
7P dalam Marketing Mix di Perusahaan Jasa
1.
Product (The Services)
Produk
apa yang dijual oleh perusahaan, sehingga dapat memberikan manfaat, memenuhi
kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen.
2.
Price
Bagaimana
penetapan harga di suatu perusahaan. Perusahaan tentu akan melakukan hal ini
dengan penuh pertimbangan, karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan
total dan biaya
3.
Place
Tempat
atau lokasi dimana perusahaan tersebut berdiri juga akan sangat mempengaruhi
keuntungan bagi perusahaan. Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi
salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen.
4.
Promotion
Bagaimana
perusahaan memasarkan produk apa saja yang dijualnya kepada konsumen.
Tujuan
kegiatan promosi antara lain :
Ø Mengidentifikasi
dan menarik konsumen baru
Ø Mengkomunikasikan
produk baru
Ø Meningkatkan
jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
Ø Menginformasikan
kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
Ø Mengajak
konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
Ø Memotivasi
konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
5.
People
People
disini mengarah kepada bagaimana kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan.
Apakah karyawan tersebut memiliki performance tinggi atau sebaliknya, apakah
karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu
melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya. Faktor penting lainnnya dalam
people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment
of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan
tutur kata. Perusahaan juga bisa memberikan semacam reward bagi karyawan dengan
prestasi tertentu.
6.
Process
Process
disini adalah mencakup bagaimana cara perusahaan melayani permintaan tiap
konsumennya. Mulai dari konsumen tersebut memesan (order) hingga akhirnya
mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Beberapa perusahaan tertentu
biasanya memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani konsumennya.
Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan
fasilitas “open kitchen”, dimana konsumen bisa melihat tiap proses pembuatan
makanan yang mereka pesan.
7.
Physical Evidence
Physical
Evidence akan menjelaskan bagaimana penataan building dari suatu perusahaan.
Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, lightning system yang
menarik, desain ruangan yang menarik perhatian konsumen, dan lain sebagainya.
Perusahaan tentu akan menyadari bahwa penataan building di suatu perusahaan
tentu akan mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terkesan
berantakan juga tentu akan membuat konsumen merasa agak sedikit tidak nyaman
dengan keadaan di perusahaan tersebut. Bangunan harus dapat menciptakan suasana
yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat
memberikan nilai tambah bagi pengunjung.
Komentar
Posting Komentar