Softskill Minggu Ke 2 Bulan Januari “ Menentukan Variabel X dan Y suatu Jurnal “
Nama : Ericha Candra Wahyuni
NPM : 12213922
Kelas : 3EA33
Tugas : Minggu Ke 2 Bulan Januari “ Menentukan
Variabel X dan Y suatu Jurnal “
1.
Menentukan Variabel
X dan Y dari Suatu Jurnal yang berjudul “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN
KONSUMEN BERBELANJA DI SUPERMARKET “
-
Variabel X1
: Kualitas Pelayanan
-
Variabel X2
: Produk
-
Variabel Y
: Kepuasan Konsumen
2.
Opini :
Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hubungan antara kualitas pelayanan dan
kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada industri ritel, khususnya
Supermarket Matahari, Mal Metropolitan dan Carrefour. Metode penelitian
menggunakan asosiatif kausal, bertujuan untuk mengukur hubungan kausal variabel
independen dengan varia bel dependen. Populasi penelitian seluruh konsumen
ketiga supermarket, dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 orang (random
sampling). Pengambilan data dengan menggunakan teknik kuesioner yang
terstruktur yang disampaikan kepada responden pada saat berbelanja, yaitu sekitar
bulan Februari- Maret 2011. Untuk menguji hipotesis digunakan anallsis regresi
dan Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas
produk merupakan faktor utama yang mempengaruhi kepuasan konsumen berbelanja di
ketiga supermarket, karena itu ketiga supermarket harus tetap meningkatkan
kualitas pelayanan dan kualitas produk secara berkesinambungan, agar selain
dapat bertahan juga berkembang dimasa datang. Dilihat dari persentase jawaban
masing-masing responden super- market, dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih
senang berbelanja di Carrefour dari pada di kedua supermarket, karena faktor
kualitas pelayanan dan produk yang diberikan lebih unggulj superior
dibandingkan dengan Mal Metropolitan dan Matahari.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar